Perbandingan Minyak Goreng Murah Sedaap dan Rosebrand

Perbandingan Minyak Goreng Murah Sedaap dan Rosebrand - Saya suka makan gorengan, padahal makan gorengan itu terlarang untuk emak-emak yang pengen kurus. Seenggaknya harus dibatasi dan untuk beberapa waktu belakangan ini, saya enggak mampu menahan godaan gorengan renyah dengan sambel goang yang endeus karena PakSyu minta ditemani makan bareng terus, enggak enak kalau saya nolak atau cuma nonton doang *ngeles. 


Walaupun makanan yang digoreng itu terlarang, tetapi masih boleh kok makan makanan yang ditumis dengan sedikit minyak. Mau makan gorengan pun enggak apa-apa, asal ingat porsi dan jangan lupa olahraga untuk membakar kalori berlebih yang sudah masuk. Berani makan harus berani olahraga, sis!

Supaya enggak memperburuk kondisi kesehatan, membatasi makanan berminyak bukan satu-satunya cara, kita juga bisa menggunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun, canola oil, minyak biji bunga matahari dan jenis minyak sehat lainnya. Tapi tetap ya, buat goreng gorengan mah pakainya minyak sawit, lagipula sekarang sudah banyak banget produk minyak sawit yang diklaim bisa ikut menjaga kadar kolesterol dan ini itunya. Tinggal pandai-pandainya bunda memilih aja, deh!

Saya sendiri lebih suka pakai Bimoli, atau pakai Sania untuk pemakaian pribadi di dapur, tetapi karena sekarang saya dan PakSyu juga jualan mie lidi, jadilah juga harus mikir lagi merk minyak apa yang bisa aman konsumsi tapi harganya enggak bikin modal jebol. Ya maklum lah, pangsa pasar kami memang menengah ke bawah, jadi enggak bisa mematok harga mahal-mahal. Tapi enggak mau asal pakai juga yang penting murah, kami tetap pilih minyak goreng yang baik namun harganya ramah.

Setelah beberapa kali ujicoba, ternyata ada dua merk minyak goreng dengan harga yang ekonomis plus hemat pemakaiannya yaitu minyak Sedaap dan Rosebrand. Awal-awalnya saya cuma pakai Sedaap karena memang lebih hemat, enggak keruh dan hemat harganya, tapi pas sekalinya mau beli di grosiran ternyata habis dan ditawari Rosebrand. Pas dicoba, ternyata not bad dan bisa jadi alternatif kalau nanti agak sulit mencari minyak Sedaap. 

perbandingan minyak goreng Sedaap dan Rosebrand


Minyak goreng Sedaap

Minyak yang sudah mengalami pemurnian multi proses, hasilnya minyak lebih berkualitas dan mengandung vitamin A dan E, plus betakaroten. Harga 1 liter Rp.15.000-

Kelebihan : 

- Warnanya lebih jernih
- Tidak keruh setelah digunakan menggoreng, jadinya tetap bisa digunakan untuk dua sampai tiga kali menggoreng lagi
- Tidak cepat menguap saat dipanaskan, sehingga bisa lebih hemat pemakaiannya
- Cepat tiris minyaknya
- Panas minyaknya lebih stabil dengan api kecil. Jadi saat saya gunakan untuk menggoreng menggunakan api kecil dalam waktu lama, suhunya tidak terus menerus naik dengan cepat

Kekurangan : 

- Lama panasnya. Memang bisa langsung gunakan api besar supaya minyaknya cepat panas, tetapi hasilnya nanti panasnya kurang bagus untuk menggoreng. Gorengannya jadi gosong. 

Minyak goreng Rosebrand

Diolah dengan teknologi tinggi, mengandung betakaroten, vitamin A dan E, serta Omega 9. Harga 1 liter Rp.13.000-

Kelebihan : 

- Cepat panas walau gunakan api sedang
- Tidak keruh walau digunakan menggoreng beberapa kali
- Saat panasnya pas, hasil gorengan jadi cakep warnanya
- Paling murah untuk minyak sawit kemasan

Kekurangan : 

- Lama tirisnya, jadi gorengan sudah dingin tapi minyaknya masih ada yang menempel
- Warnanya agak oranye pekat (bukan keruh), kurang menarik
- Kalau sudah terlalu panas maka bisa bikin gorengan auto gosong warnanya

Jadi, untuk goreng mi lidi saya tetap pakai minyak Sedaap tapi alternatifnya saya bakal pakai Rosebrand. Saya dulu pernah pakai minyak goreng lain kayak Bimoli dan Sania buat goreng mi lidi, tapi ternyata lebih boros buat goreng banyak-banyak. Hihi. Jadi ya sudahlah minyak Sedaap saja, yes?

Ibuk-ibuk pakai minyak goreng apa di rumah? Jangan lupa kalau minyak sudah berbau tengik (apek) jangan digunakan lagi, ya? Karena itu tandanya minyak sudah rusak. Kalau dipaksa digunakan malah bisa menimbulkan masalah kesehatan. Minyak yang sudah mulai keruh warnanya juga harus dibuang, jangan dipakai terus, ok!

Demikian artikel saya tentang Perbandingan Minyak Goreng Murah Sedaap dan Rosebrand, baca juga artikel lainnya, seperti Gery Saluut Matcha Latte. Terima kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist