Cara Memilih Buah Naga yang Manis dan Merah

Cara Memilih Buah Naga yang Manis dan Merah - Saya salah satu orang yang suka makan buah naga, rasanya unik, lembut dan ada krenyes-krenyesnya dari biji buah yang banyak banget itu. Sempat terpikir dalam satu butir buah naga ada berapa ribu biji, tapi enggak iseng-iseng banget sampai dihitung, ya. Haha. Etapi, ada satu postingan medsos dimana seseorang beneran gabut dan hitung berapa banyak biji dalam satu sendok buah naga, ternyata kurang lebih 150-an biji per sendoknya. Hahah, beneran niat itu sih.


Satu hal yang bikin kurang khidmat (?) saat makan buah naga adalah kadang beli buah naga yang rasanya hambar. Huhu. Kan sedih jadinya, sudah dibayangkan makan buah naga segar, rasanya manis, lembut...eh pas dimakan enggak ada rasanya.

Nah, kebetulan saya ketemu tips dari IG happy_kwantoro yang konon bisa membedakan buah naga yang manis dan enggak manis dari bentuk luarnya saja. Saya dulu sering baca-baca artikel untuk memilih buah naga, pas baca inget, pas mau beli lupa dan akhirnya random pick aja. Hahah. Tapi tips yang dibagikan oleh pemilik akun IG ini gampang banget diingat dan setiap melihat buah naga jadi auto nebak-nebak, ini manis nih, ah yang itu pasti enggak, dst.

Jadi gimana cara memilih buah naga yang manis (dan merah) itu?

Pilih buah naga dengan bentuk sisik buah (daun-daun di sekeliling buahnya) itu jauh dan terlihat segar, enggak layu mleyot-mleyot ke bawah. 
Warna kulit buah enggak bisa menjanjikan rasa daging buahnya manis ya Mak, yang penting pilih yang warnanya merata dan itu tadi, sisik buahnya jaraknya jarang, enggak berdekatan apalagi dempet-dempetan dan ujung sisiknya itu enggak layu. Kulit buahnya mulus, enggak memar, enggak ada sayatan atau goresan apapun (kalaupun susah cari yang super mulus, minimal yang enggak baret-baret amat deh...wkwk)

Saya udah buktiin sendiri, buah naga dengan sisik yang berdempetan (walaupun warna kulitnya merah) ternyata dalamnya anyep guys, dingin enggak ada rasanya.


Tapi ada info bagus nih yang saya temuin di kolom komentar IG happy kwantoro, jadi buah naga yang enggak manis itu terlalu banyak pupuk Gibro (GibGro, zat pengatur tumbuh, bikin panen berkali lipat). Selain itu saya pernah baca ada pupuk yang bisa memperbesar ukuran buah, ya? jadi kalau ada buah naga yang ukurannya gede banget, konon dikarenakan pakai pupuk khusus gitu. Ini pernah saya baca di artikel, buah naga itu ukuran aslinya ya cuma sekepalan tangan dan lebih gede dikit dari itu deh...kalau lebih besar dari itu rasanya juga enggak bisa dijamin. Menang di gede doang. Walau begitu, hak bundsay dan tehcans dong yaa mau pilih buah naga yang mana. Heheh.

Nah, sekarang buah naga ini enaknya digimanain, ya? Kalau saya sendiri lebih suka langsung dimakan, biar cepat dan enggak ribet gitu. Tapi kalau pengen dibikin kreasi lainnya, bisa banget. Nih beberapa contoh penyajian buah naga selain dimakan langsung, boleh banget dicoba di rumah :

pict vemale.com
1. Puding Buah Naga

Saya pernah bikin puding buah naga, jadi satu lapis buah naga dan lapisan bawahnya pakai puding susu. Waktu itu bikin karena sedang hits di Instagram, hehe. Dulu saya pakai resep puding susu kental manis, jadi kurang nampol sedapnya. Lain kali pakai puding susu murni yang full ah, biar lebih endeussss.

Pict Astripasaribu
2. Salad Buah

Kalau lagi banyak stok buah, lebih enak dibikin salad. Bisa dicampur buah pir, apel, stroberi, mangga, buah anggur atau buah lain yang sesuai selera. Cara bikin saus salad buah juga gampang banget, cuma pakai mayones yang dicampur kental manis vanila. Enak banget deh rasanya, apalagi kalau dimasukkan kulkas dulu, lalu ditabur parutan keju. Nyam-nyam!

Pict. MyCookingDiary
3. Sate Buah

Yang satu ini cocok buat aktivitas seru bareng anak, nih! Tinggal siapkan tusuk sate (atau tusuk buah yang lucu-lucu ituloh) lalu potong-potong buah naga dan berbagai jenis buah lainnya. Contohnya bisa buah apel Fuji, anggur manis, stroberi dan nanas. Lalu ditusuk selang seling, masukkan ke dalam kulkas dan sebelum disajikan dicelup ke dalam cokelat leleh atau yogurt. Widih, makin enak saja rasanya.

Demikian adalah artikel saya tentang Cara Memilih Buah Naga yang Manis dan Merah, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog saya ini, misalnya saja Cadbury Lickables. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist