Macam-Macam Jenis Kecap

Macam-Macam Jenis Kecap - Sebagai emak-emak pasti tau dong kalau masak itu membutuhkan banyak bumbu, berbeda resep, berbeda pula jenis bumbu yang akan digunakan. Salah satu jenis bumbu yang banyak digunakan adalah kecap. Zaman baheula, saya cuma tau ada dua macam jenis kecap, yaitu kecap manis dan kecap asin.

Kecap manis adalah kecap yang biasa dikonsumsi di rumah, kecap asin hampir enggak pernah beli tapi saya tau karena sering lihat dalam iklan dan ah, ada satu lagi kecap yang sudah saya kenal dari dulu, kecap ikan. Kecap yang satu ini cuma saya liat di warung bakso, rasanya asin, aromanya khas, bikin bakso terasa jau~h lebih enak.

Nah, karena sekarang saya udah emak-emak, saya makin tau kalo kecap itu ada berbagai macam jenis dan memiliki fungsi masing-masing yang berbeda. Apa aja sih jenis kecap itu?



1. Kecap Manis.

Jenis kecap yang paling banyak dikonsumsi dan paling sering dilihat di Indonesia, di rumah saya juga selalu nyetok kecap manis ini, nih! Selain bikin rasa makanan semakin yahud, juga bisa jadi alternatif lauk pas lagi misqueend banget. Hahah. Iya, makan nasi anget yang dituang kecap manis itu lezat guys. Kecap manis terbuat dari kedelai hitam, yang difermentasi dan dicampur aneka bumbu plus gula merah yang membuatnya jadi kental, manis, gurih dan aromanya juga khas.

2. Kecap Asin

Seperti namanya, rasa dari kecap ini adalah asin dan memiliki tekstur yang encer. Sama-sama dibuat dengan menggunakan kedelai hitam, tetapi ditambahkan garam yang jauh lebih banyak. Ada juga kecap asin yang dibuat dari ikan laut. Biasanya digunakan untuk bumbu masakan, dan juga campuran saus untuk cocolan aneka gorengan atau seafood.

3. Kecap Inggris

Saya belum pernah coba masak menggunakan kecap Inggris, tapi menurut sumber yang saya baca, konon rasanya agak asin dengan aroma wangi yang khas. Memiliki tekstur yang kental dan warnanya hitam, mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamn B1, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi. Kecap Inggris yang juga disebut sebagai Worcestershire sauce ini bukan hanya dibuat menggunakan kedelai hitam, melainkan ditambah campuran aneka rempah lain seperti cengkeh, anchovy, molase, asam Jawa, bawang Bombay dan masih banyak lagi. Biasanya digunakan untuk menambah citarasa saus siraman, atau sebagai cocolan saja.

4. Kecap Ikan

Ini kecap favorit saya setelah kecap manis, hehe. Entah kenapa makanan yang menggunakan kecap ikan rasanya jadi jauh lebih enak. Kecap yang wanginya khas dan agak nyengat ini terbuat dari fermentasi cumi, udang ataupun kerang dengan garam. Memiliki tekstur encer dan warna cokelat transparan. Biasa digunakan untuk tambahan bumbu, menambah aroma, dan jadi cocolan untuk seafood. Di beberapa akun kuliner, katanya masakan Thailand selalu menggunakan kecap ikan, bahkan untuk 'rujak' sekalipun. Bener enggak sih? Wah, harus Googling lagi nih. Secara kalo liat si Chunman makan rujak kayaknya bikin ngeces bangettt.

5. Kecap Jepang

Biasa disebut sebagai Shoyu (awas lho bukan Soju) dan terdiri dari dua jenis, yaitu Koikuchi dan Usukuchi. Kalo Koikuchi lebih kental, pekat dan rasanya juga lebih tajam, satunya lagi lebih ringan rasanya dan teksturnya juga lebih encer. Keduanya biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga sebagai cocolan sushi atau aneka seafood.

6. Kecap Saus Tiram

Alih-alih menggunakan julukan kecap, saya lebih suka menyebutkan saus tiram, sih. Ibuk-ibuk juga begitu, kan? Hehe. Saus tiram ini adalah hasil fermentasi dari ikan, dengan rempah dan juga karamel. Teksturnya kental ke cair, aromanya khas tapi enggak menyengat dan jadi andalan saya untuk masak berbagai tumisan kayak kangkung, cumi asin, tumis brokoli, dan lainnya.

7. Kecap Teriyaki

Asalnya dari Jepang sana dan merupakan saus dari sake, gula dan kecap Jepang. Tapi jangan khawatir, di Indonesia sudah ada versi halal sehingga muslim bisa mencoba kecap teriyaki tanpa takut lagi. Biasanya saus ini jadi rendaman daging sebelum dipanggang.

Baca juga Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Itulah dia artikel saya tentang Macam-Macam Jenis Kecap, jangan lupa baca artikel lainnya di blog saya. Misalnya Resep Keju Mozzarella KW. Trims.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist