Cara Bikin Martabak Telor Pakai Kulit Lumpia

Cara Bikin Martabak Telor Pakai Kulit Lumpia - Ini tengah hari dan saya tiba-tiba pengen makan martabak telor. Tapi mau cari dimana? Jam segini bakalan susah banget cari tukang martabak yang 'berkeliaran', secara martabak itu memang baru musimnya dari magrib sampai tengah malam saja. 

Lalu apakah saya harus menunggu sampai tengah malam buat beli martabak? Ah tentu saja tidak. Bisa langsing duluan saya kalau bisa sabar menunggu sampai selama itu demi sepotong martabak telor. Haha. Maka karena itu, sudah saatnya saya mengorek-ngorek lagi tumpukan resep praktis yang selama ini cuma mengendap di galeri doang, soalnya saya ingat ada resep martabak dari kulit lumpia.

Resepnya ketemu! dan begini lho cara bikin martabak telor pakai kulit lumpia :

- 4 lembar kulit lumpia
- sebutir telur
- dua sendok makan bawang daun cincang
- sesendok suwir ayam rebus (boleh skip qaqa)
- garam, penyedap rasa secukupnya
- saus botolan

Cara membuatnya super gampil, cukup kocok telur dan masukkan bawang daun cincang dan ayam suwir, lalu beri bumbu secukupnya. Setelah itu, panaskan wajan datar dengan api kecil, oleskan sedikit mentega dan susun keempat lembar kulit lumpia di atas wajan sehingga membentuk persegi dan enggak ada bolong supaya kocokan telurnya enggak bocor. 

Tuang perlahan kocokan telurnya, lalu lipat sisi-sisi kulit lumpia ke tengah sampai kocokan telut tertutup rapat. Tekan sebentar pakai sutil, setelah nempel betul baru bisa dilepas. Jangan dulu dibalik, ya! Tunggu sekitar dua-tiga menitan karena kita pakai api kecil, setelah itu baru dibalik dengan perlahan. 

Pakai api kecil, ya! Supaya matang betul dalemnya tanpa gosong. Terus cuma dibalik sekali aja, jangan sering-sering. Kalau kedua sisi sudah kering dan kecokelatan, berarti sudah matang. Tinggal angkat, potong-potong dan cocolin saos botolan. Nyam-nyam! Enak bingitttt, kulitnya renyah kriuk dicampur empuk telurnya. Lumayan mengobati kangen sama martabak telor gitu deh. Hihi.

martabak telor praktis

Itu dia artikel yang saya tulis tentang Cara Bikin Martabak Telor Pakai Kulit Lumpia, praktis banget gitu, kan? Enggak perlu susah-susah bikin adonan kulit martabak, cukup beli kulit lumpia dan kocok telur. Jadilah!

Komentar

  1. Waaaahhh ga mesti nunggu sampe langsing ya kalau mlm2 tiba2 kepengen makan martabak telur. Mosalnya telur dan kulit lumpia deh. Gampang bgt cara bikinnya. Ikutin ah resepnya 😊😊

    BalasHapus
  2. Nganu, martabak telornya boleh ngga dikirim ke sini hahaha. Aku ngga mau bikin sendiri. Hoream. Pengen tinggal am blewek teh hehehe

    BalasHapus
  3. Praktis yah mba ngga perlu lempar2 (?) adonan. Haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist