Cara Membuat Susu Kurma untuk Sahur dan Buka

Cara Membuat Susu Kurma untuk Sahur dan Buka - Bulan puasa sudah sampai di hari ke 11 nih ibuk-ibuk dan tehcans, masih pada semangat enggak? Harus tetap semangat dong ya. Walaupun sudah mulai bingung mau pilih menu apa buat bikin sahur makin berselera, mau pilih menu apa supaya berbuka tetap ceria, jangan sampai bad mood siang-siang gegara lemah lesu.

Nah, ada beberapa solusi supaya tetap segar bugar selama puasa, diantaranya adalah banyak minum air putih di masa-masa berbuka sampai dengan sahur, kurangi minuman yang manisnya berlebihan dan instan-instan supaya enggak mudah haus siangnya, terus jangan lupa buat banyak-banyak makan buah yang banyak airnya seperti semangka supaya badan terhidrasi dengan baik. 

cara membuat susu kurma
Susu Kurma

Banyak bergerak dan enggak mageran juga jadi salah satu cara untuk tetap segar selama puasa, lho! Bukan berarti harus over juga sampai ngos-ngosan dan mata berkunang, cukup olahraga ringan seperti jogging santai, bersepeda atau sekadar zumba bersama ibuk-ibuk sekitar rumah. Seru loh! Satu lagi cara untuk tetap menjaga stamina dan badan supaya segar sepanjang puasa, yaitu dengan mengonsumsi susu kurma. 

Memang ada yang mengatakan bahwa susu dengan kurma bukan perpaduan yang baik, tetapi susu dan kurma ini jadi salah satu minuman khas dari Suku Tamil, juga dikonsumsi oleh banyak banget masyarakat di luaran sana. Testimoni dari konsumsi susu kurma ini juga rata-rata positif, yaitu badan jadi lebih segar dan bugar, untuk ibu menyusui juga bikin ASI makin berlimpah. Wallahu'alam, kalau terasa enak di badan dan enggak bikin mual, lanjout. Kalau baru icip sudah mual? atau setelah minum jadi gatal-gatal gegara alergi? Ya jangan atuh, masa iya mau maksa. Wkwk.

Nah, buat yang penasaran dengan cara bikin susu kurma, yuk simak caranya yang super simpel di bawah ini : 

Bahan yang Disiapkan 
- Kurma 11 butir (ganjil, it's sunnah)
- Susu murni 2 gelas 
(Kalau enggak ada susu murni, bisa pakai susu bubuk full cream dan air matang dua gelas. Yang penting jangan susu kental manis)

Cara Membuat 
Pisahkan daging kurma dengan bijinya, lalu masukkan ke dalam blender bersama susu. Proses sampai halus dan taraaa sudah jadi!

Wah, super mudah sodara-sodara. Hihi.
Ada beberapa resep yang bilang kalau kurmanya direndam dulu (nabeez) sebelum diblender, tapi dari artikel yang saya baca, kalau mau diblender jangan direndam dulu. Entahlah, saya sih memilih langsung blender karena ain't got time for that alias mageran dan pengen cepet. Hahah. 

Lalu rasanya gimana nih? Rasanya adalah super legit! Saya doyan, kurmanya enggak terlalu manis dan aroma gurih susunya juga lezat banget. Cuma kalau memang minumnya kebanyakan pasti ngerasa agak mual, makanya minum secukupnya saja ya? Maksimal satu gelas. Untuk saya, dua gelas susu dan sebelas butir kurma itu diminum bertiga. Alhamdulillah, enak. 

Itulah dia Cara Membuat Susu Kurma untuk Sahur dan Buka yang bikinnya super gampil, jangan lupa untuk makan makanan yang bergizi dan banyak minum air putih supaya badan tetap segar sepanjang bulan Ramadan. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog ini, misalnya saja adalah review Pop Mie Kuah Pedas  Terima kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist