Rekomendasi Makanan untuk Katering Nikahan

Rekomendasi Makanan untuk Katering Nikahan  - Ehm, nikahan nih yee...haha. Mana nih yang sedang cari-cari referensi katering murah berkualitas untuk walimahannya? atau sedang cari-cari menu yang cocok untuk prasmanan di hajatan? dipikir sendiri tentu bikin puyeng yekan, maka karena itu enggak ada salahnya mencari pencerahan dan inspirasi di internet.

Saya sendiri Alhamdulillah baru selesai urus mengurus urusan katering, untuk pernikahan saya sendiri. Karena mamah sudah meninggal, dan memang acaranya sederhana jadi saya menyiapkan semua sendirian, tanpa bantuan sesiapa. Agak sedih sih, biasanya apa-apa itu sambil konsultasi ke mamah, apa-apa tanya mamah, kalkulasi bujet acara mamah yang atur, ini itu mamah...sekarang saya sendiri yang urus. Ternyata puyeng sekali sodarah...

Inspirasi Katering

Tapi Alhamdulillah bisa lah, lumayan sukses. Ada kekurangan sedikit-sedikit mah dimaklumi aja yes? Hihi. 

Jadi, apa saja nih rekomendasi makanan yang harus ada di resepsi nikahan? Disini saya enggak akan membahas nama-nama makanannya ya, karena memang menu-menu dari tiap daerah berbeda dan enggak semua doyan juga, jadi saya cuma akan 'berbagi pengalaman' soal perpaduan rasa apa saja yang harus ada di atas meja prasmanan itu. Eak, bahasanya berat syekalih yaak!

Yang paling pertama, sudah pasti harus ada nasi. Karena bukan makan namanya kalau enggak ada nasi. Sekalipun dalam acara disuguhi macam-macam masakan mengandung karbohidrat tinggi (yang sudah bisa dipastikan bikin perut kenyang), tapi belum ketemu nasi? rasanya ada sisi lambung yang hampa. Haha. Oleh sebab itu, nasi harus selalu ada. Baik itu nasi putih, atau nasi uduk, nasi kuning, kebuli dan nasi-nasian lainnya.

Kedua, olahan daging. Saya paling senang kalau diajak kondangan, mau kondangan di rumah biasa atau di gedung-gedung, sebab saya bisa nyicip olahan daging yang enak-enak. Hihi. Iya, kebahagiaan saya sesederhana diajak makan gratis di kondangan. Anu, sederhana apa norak? Wkwk. Jadi, olahan daging ini adalah semacam 'jagoannya' menu prasmanan atau menu katering nikahan. Baik itu daging sapi, daging ayam atau ikan dan seafood lain. 

Untuk yang ketiga, makanan berkuah. Pernah lihat prasmanan yang tanpa makanan berkuah? hampir tidak ada. Kalaupun ada, mungkin pas sajian supnya abis, atau yang punya hajatan sengaja pengen tamunya seret pas makan. Wih, jahatnya...enggak deng. Makanan berkuah enggak harus sup, bisa juga berupa opor, soto, atau sajian lain. Apalagi kalau sajian makanannya dibuat gubuk-gubuk yang terpisah satu sama lain, setiap gubuk makanan berisi menu yang berbeda sehingga para tamu bisa memilih makanan mana yang akan disantap terlebih dahulu. 

Next, yang keempat adalah sayuran. Well, empat sehat banget gitu yak...sayuran ini wajib banget hadir untuk melengkapi momen bahagia kita. Semacam sebuah keseimbangan dalam hidup kedua mempelai, harus hidup sehat dengan makan makanan yang seimbang, jangan cuma mau makan daging-dagingan saja, kalau bisa banyakin makan sayur supaya enggak sembelit. Hmm, agak geli ya bahas gituan dalam topik makanan, *lalu hening. Sayuran yang biasa tersaji dalam capcay biasanya lumayan laris, sih. Ada kalanya tumis-tumisan pun ikut nangkring di meja prasmanana. Ahh, jadi ngiler kan.

Kelima, yang segar-segar. Belum, belum sampai ke buah-buahan ini ya...ini masih di menu makanan. Jadi kalau cuma masakan dengan bumbu-bumbu tajam rasanya bakalan bikin makanan terasa bosan, agak kurang nampol di lidah. Pastikan ada masakan dengan bumbu yang segar, baik itu acar, atau bumbu asam manis. Di daerah saya, dalam menu prasmanan itu biasanya diselipi Jaksin, alias rujak asinan yang terbuat dari bengkoang, jambu air/nanas, timun, kol dan tauge (ada juga yang enggak pakai) dengan bumbu kacang dan gula merah. Duh, enak bangettt.

Keenam, kriuk-kriuk nyes. Yang bumbunya tajam dan legit, sudah. Yang segar, sudah. Tinggal yang kriuknya nih supaya makin mantap. Ada mustafa kentang yang pedas manis renyah, itu sajian andalan sih di daerah saya buat kriuknya. Selain itu, kerupuk udang dan emping juga sangat cocok buat meramaikan goyang lidah. 

Terakhir adalah si makanan penutup. Ada banyak jenis makanan penutup yang bisa dipilih untuk menyempurnakan sajian katering nikahan kita. Dari mulai buah-buahan potong sampai dengan aneka jajanan pasar. Tapi yang paling direkomendasikan adalah es krim dan buah potong, serta minuman ringan. Kenapa es krim? supaya anak-anak girang. 

Bagaimana? sudah dapat inspirasi mengenai menu apa saja yang akan disajikan di acara nikahan nanti? Semoga artikel saya ini bisa sedikit membantu, ya! Kekurangannya mohon dimaklum, ambil yang baiknya saja, yes. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist