Resep Sotong Crispy Saus Tiram

Resep Sotong Crispy Saus Tiram  - Beberapa hari yang lalu, pak Suami minta cumi saus tiram dan pergilah kami ke supermarket buat beli cumi (karena udah siang dan di pasar cuminya sudah enggak segar lagi, kalo di supermarket kan lebih segar soalnya pake ice flakes gitu wadah-wadahnya). Modal kami 100 ribu, dengan anggaran segitu kami harap bisa beli cumi sekilo dan bahan-bahan buat sausnya. Soalnya cumi ukuran sedang di pasar itu cuma 40 ribu sekilo dan paling di supermarket jadi 50-60an lah yang kecil-kecil.

Resep sotong saus tiram
Sotong Crispy Saus Tiram

Eh pas sampai ke supermarket, tercenganglah kami karena cumi-cuminya sekilo 112ribuan, haha.  Gede-gede banget pula, cocok banget buat bikin squid ring. Lah, buat sekilo cumi saja masih kurang yekan? Saya tawari beli setengah kilo aja, pak Suami enggak mau dan malah nunjuk wadah sebelah cumi-cumi. Bentuknya mirip cumi, cuma bantet-bantet dan warna punggungnya item. Rupanya itu Blakutak/Balakutak/Sotong/Calamari, baru tau saya. "68 ribu sekilo." Kata aa-aa yang nungguin stand seafood dan jadilah kami beli...setengah kilo. Hahah. Ngirit sejak dini ini mah...

Lalu bahan-bahan lainnya cemana? ya begitulah, cuma beli saus tiram 2 sachet dan telur setengah kilogram. Syudah. Loh-loh-loh, bawang bombaynya? cabe rawitnya? tepung bumbunya? anu...akhirnya milih buat nebeng ke mamah mertua, kebetulan disana bahannya lengkap. Kan jadi nanti hasil masakannya dibagi-bagi, makan bareng dengan modal patungan kan lebih sedap alesan ngelesnya bisa aja.

Bahan-Bahan : 

- Sotong 1/2 kilo, buang jeroannya
- Tepung beras, tepung terigu dan tepung singkong. 
- Saus tiram 2 sdm
- Cabe rawit 3
- Bawang putih 2 siung
- Gula pasir secukupnya
- Air secukupnya
- Jeruk nipis 1/2 butir
- Telur 2 butir
- Bubuk bawang putih 1/2 sdt
- Bubuk jahe 1/4 sdt atau sesuai selera

Cara Memasak :

- Sotong yang sudah dibuang jeroannya, dicuci bersih (saya kepalanya juga enggak dibuang, dicuci sampai bersih saja) lalu diiris-iris sesuai selera.
- Peras jeruk nipis dan campurkan dengan daging sotong, biarkan 10 menitan.
- Sambil menunggu, kocok telur dan masukkan bubuk bawang putih+jahe.
- Campur tepung beras, tepung terigu dan tepung singkong, perbandingannya 45-45-20 yah...jangan lupa aduk sampai merata.
- Setelah sotongnya dicuci bersih, tiriskan lalu kita siap untuk meng-crispy-kan sotong-sotongnya.
- Pertama, celupkan potongan sotong ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke atas terigu. Cubit-cubit daging sotong supaya terigunya menempel dan celupkan lagi ke kocokan telur, lalu gulingkan lagi ke terigu. Sisihkan.

tips : Usahakan menggoreng sotongnya langsung setelah dibaluri tepung, supaya tidak basah dan benyek. Gunakan minyak yang benar-benar panas dengan api sedang dan menggorengnya jangan terlalu lama, ya sampai cokelat kekuningan saja warnanya. 

- Setelah semua sotong digoreng, siapkan sausnya. Iris bawang putih dan cabe rawit, lalu tumis sampai harum lalu tuangkan saus tiram serta tambahkan sedikit air. Masukkan gula pasir secukupnya (karena saya dan pak Suami senang yang agak manis-manis, kalau enggak suka manis, biar seperti rasa aslinya saja). Biarkan mengental, sekitar 1-2 menitan.
- Masukkan sotong crispy dan aduk-aduk sampai tercampur rata, angkat.
- Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Setelah sotongnya jadi, langsung disantap lahap deh dan ludes tak bersisa. Terima kasih resep crispy-nya ya pak Suami, hihi, hasilnya cantik banget bintik-bintik krispi. NOTE : Yang saya jadikan gambar utama itu percobaan pertama, sotongnya cuma dibaluri tepung biasa dan enggak dicubit-cubit jadi hasilnya B-Aja. Karena rasanya enak, mamah mertua minta dibikinin lagi dan percobaan kedua  pake resep crispy suami dan hasilnya cantik banget, kayak ayam-ayam K*C tapi enggak sempat didokumentasikan karena kebelet lapar. Haha. Maafkan emak kuliner blogger amatir ini yaaa..

Gimana-gimana? super simpel kan ya resepnya? Ada yang mau coba bikin? Rasanya enak, renyah dan kenyal-kenyal sotongnya ditambah rasa khas saus tiramnya itu yummy sangattttt. Tapi ya itu dia, muka saya langsung alergi semua. Merah, kering, mengelupas, perih, gatal. Enggak lagi-lagi deh saya sok-sokan makan seafood dan mencoba mengabaikan alergi, wkwk. Muka jadi macam si Cepot aja. Haha. 

Emak-emak alergi bikin ayam krispi aja, terus siram kuah tiram. Bahagia dan aman untuk kesyantiekan. *Halah!

Terima kasih banyak sudah membaca artikel saya tentang Resep Sotong Crispy Saus Tiram yah, jangan lupa baca artikel lainnya di blog ini. Misalnya saja Rekomendasi Makanan untuk Katering Nikahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist