Insto Dry Eyes : Sahabat Emak Nguprek Dapur

Bagi emak-emak yang seneng masak, menguji coba resep baru adalah salah satu tantangan wajib harian. Jangan heran kalau kami bisa berjam-jam keasyikan cuci mata di akun-akun resep masakan atau seleb foodgram, kami ini sedang melakukan riset penting mengenai resep mana yang bahannya paling ekonomis, bikinnya simple dan cepat, tapi hasilnya kelihatan spesial banget dan Instagramable. Hihi.


Saya sendiri salah satu emak yang suka tahan berjam-jam mantengin akun-akun resep di IG, bolak-balik dari satu resep ke resep lainnya, ngebookmark menu-menu unik (yang entah kapan dieksekusinya), stalking akun foodgram dari atas sampai bawah sampai ke komen-komennya dibacain. Apalagi sambil rebahan gitu yekan, leyeh-leyeh, widih mantul deh!

Kalo aja ini mata enggak terasa sepet dan pegel, sampai tengah malam pun kayaknya saya tahan tuh mantengin IG! Tapi berhubung mata kering mulai bikin risih, gatal dan enggak nyaman, mau enggak mau saya berhenti main HP sebentar untuk menggosok mata. Lho, kok makin digosok mata malah jadi perih gini, sih?

Jadi ini Penyebab Mata Kering

Salah satu hal yang jadi penyebab mata kering adalah terlalu lama menatap ponsel, atau komputer dengan segala radiasinya. Oalah, pantas aja saya sering banget merasa mata sepet dan gatal, ternyata itu karena bola mata saya kekurangan cairan lubrikasi alaminya.

Jadi, saat kita sedang asyik melihat sesuatu, misal IGTV SasASMR nih yaa, maka mata kita akan fokus kesana dan intensitas mengedip yang harusnya sekitar 10-15x per menit, jadi berkurang sampai sekitar 2-3x aja. Wajar banget kalo bola mata kita jadi terasa sepet, karena memang lubrikasinya enggak maksimal.

Apalagi  untuk emak-emak yang senang nguprek di dapur kayak saya, asap masakan, kondisi dapur yang panas, juga bisa menyebabkan gejala mata kering lainnya yaitu mata perih dan ternyata masih banyak aktivitas harian yang juga jadi penyebab mata kering. Misalnya ini, nih :

- Kurang tidur
- Pakai softlens yang kadar airnya rendah
- Pengguna hair dryer
- Ada di dalam ruangan ber-AC
- Konsumsi obat tertentu, misalnya obat terapi hormon, anti depresan
- Berkendara terlalu lama dan masih banyak lagi

Apa Saja Gejala Mata Kering yang Harus Diwaspadai

Lho, lho, lho. memangnya gejala mata kering berbahaya? Kok harus diwaspadai, sih?

Yap, karena jika gejala mata kering dibiarkan begitu saja dan enggak diobati, maka dampak terburuk mata kering adalah kebutaan gais! Seram banget, kan? Hal itu bisa terjadi karena kekeringan di mata bisa menyebabkan luka di permukaan bola mata, bakteri dan kuman serta debu yang masuk ke mata juga enggak akan terbilas sempurna tanpa cairan lubrikasi alami yang berupa air mata. Wajar jika kemudian malah jadi infeksi dan menyebabkan kebutaan.

Maka karena itu, waspada jika mata mulai menunjukkan gejala mata kering ini nih :

1. Mata Sepet

Mata terasa kering, berkedip susah karena terasa ada yang mengganjal dan agak gatal. Biasanya pengen dikucek aja dan bukannya terasa lebih baik, yang ada malah mata jadi berair dan perih.

2. Mata Pegel

Mata terasa tegang, ototnya seakan tegang dan bahkan bola mata kadang terasa menonjol. Saya pernah beberapa kali merasa mata pegel dimana mata berkedut-kedut sendiri. Biasanya ini karena terlalu lelah, terlalu banyak mikir alias stres juga bisa sebabkan mata lelah.

3. Mata Perih

Mata lecet karena dikucek terus atau karena ada debu dan kotoran yang masuk, tapi enggak bisa terbilas karena pasokan air mata yang enggak cukup.

Kenapa Insto bisa mengatasi gejala mata kering

Gejala mata kering bisa diatasi dengan mengurangi hal-hal yang memacu terjadinya masalah itu, banyak mengonsumsi makanan dengan vitamin A, serta menggunakan tetes mata. Tapi pastikan tetes mata yang dipilih memiliki kandungan yang mirip dengan air mata alami, yang terbuat dari minyak, air dan lemak tubuh serta diproduksi oleh kelenjar di sekitar mata.

Tetes mata yang paling recommended untuk mata kering adalah Insto Dry Eyes. Karena merupakan tetes mata yang mengandung Hydroxyprophyl methylcellulose. Kandungan aktifnya itu mampu mengatasi masalah bola mata yang kering, menjadi air mata buatan dan juga mampu mengatasi bakteri yang masuk ke dalam mata.

Insto Dry Eyes bisa digunakan sebanyak 2-3 kali dalam satu hari, sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga sesuai dengan petunjuk dari dokter. Produk ini bisa ditemukan di apotek di kota masing-masing, bahkan di toko kecil sekitar rumah, minimarket, supermarket dan di toko kosmetik pun ada. Harganya juga terjangkau, yaitu Rp.15.500 untuk kemasan 7,5 ml.

Nah, berkat ada Insto Dry Eyes, enggak perlu khawatir lagi saat gejala mata kering terasa. Cukup teteskan Insto dan beberapa detik kemudian mata sudah segar kembali. Siap nguprek di dapur lagi, deh!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist