Resep Bolu Jadul 4 Telur Anti Bantet Dijamin Lembut dan Enak Bingits

Resep Bolu Jadul 4 Telur Anti Bantet Dijamin Lembut dan Enak Bingits - Judul macam apa ini? Bhakk! Aduh maafkan saya yang begitu antusias bikin judul, bukannya apa-apa, mungkin karena efek kegirangan berhasil bikin kue bolu jadul yang lembut banget dan pas semua-muanya. Maklum, biasanya bikin bolu itu kalau enggak kebanyakan mentega, ya kebanyakan terigu. Tapi walau demikian, bolu-bolu yang tak sempurna itu tetep habis juga iya saya yang habisin.

Bolu yang saya buat adalah bolu jadul, yang bahan dasarnya cuma tepung terigu, gula, telur dan mentega. Tetapi walau bahan dan cara pembuatnya sangat sederhana, enggak sedikit baker pemula yang gagal saat prosesnya, dan akhirnya harus rela melihat bolunya bantet, gosong, over ngembang sampai berlubang-lubang bagai Bika Ambon. Terutama kalau bikin bolu dengan timbangan Kira, iya, kira-kira segini, kira-kira segitu alias tanpa timbangan (itu sih saya banget!! Haha).

Nah, resep yang saya pakai itu resep yang ada di Instagram Doyan Baking. Itu lho, akun IG yang jadi 'padepokan masak' mamah-mamah muda dan tehcans-tehcans kekinian. Banyak resep yang oke banget di-share disana, menggoda untuk dieksekusi di dapur masing-masing. Penasaran sama resepnya? Ini dia :

Resep Bolu Jadul 4 Telur Anti Bantet Dijamin Lembut dan Enak Bingits
Bolu Jadul


Bahan Bolu Jadul

- 4 butir telur
- 125 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu
- 1 sachet susu bubuk (yang kecil)
- 75 gram mentega yang dicairkan
- 1/2 sdt baking powder (enggak pakai juga enggak apa)

Cara membuat Bolu Jadul

- Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang pakai mixer kecepatan paling tinggi, kocok terus sampai berwarna pucat dan juga kaku.
- Ayak tepung terigu, baking powder dan susu bubuk lalu masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur. Aduk dengan cara dilipat pakai spatula atau pakai mixer dengan kecepatan paling rendah.
- Masukkan mentega cair, aduk lagi.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah ditaburi mentega dan tepung (saya pakai dua loyang bulat diameter 15 cm), lalu panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama setengah jam atau lebih (sesuai oven masing-masing saja ok!)
- Setelah matang (cek dengan tes colok pakai garpu, kalau adonan menempel di garpu berarti belum matang) segera keluarkan dari oven dan keluarkan dari loyang supaya tidak kempes.
- Oles buttercream, hias dengan keju, meses atau cokelat biskuit sesuai selera.

Super duper gampang kan ya Resep Bolu Jadul 4 Telur Anti Bantet Dijamin Lembut dan Enak Bingits ini? Saya saja yang level amatiran bisa bikin bolu jadul yang kece *uhuk* Jangan tunggu lama-lama deh kalau mau eksekusi resep sederhana yang satu ini, nanti keburu lupa. Hehe.

Oke deh, makasih yaa sudah baca artikel saya ini. Baca juga artikel yang lainnya, misalnya Alternatif Kue Ulang Tahun Selain Tart yang Hemat Abis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-Macam Jenis Saori Saus Siap Pakai

Macam-Macam Jenis Kiranti Minuman Kesehatan Wanita

Macam-Macam Gery Saluut Malkist